analisis proses bisnis PT.Mayora Indah Tbk


Analisa Proses Bisnis PT. Mayora Indah Tbk
Profil perusahaan :
PT Mayora Indah Tbk adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti usaha dibidang makanan. Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 februari 1977, Perusahaan ini telah tercatat di Brsa Efek Jakarta sejak tanggal 4 juli 1940. Produksi dari PT Mayora Indah Tbk berbagai jenis kebutuhan pasar seperti biskuit, permen, wafer, cokelat, makanan kesehatan dan juga kopi. Mayora Group telah semakin berubah dari industri rumah biskuit rendah hati menjadi salah satu Perusahaan terbesar Cepat Konsumen Pindah Barang dengan 13 Pabrik dan lebih dari 25.000 karyawan. PT Mayora Indah Tbk akan berusaha memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan negara tempat perusahaan beroperasi dan  Pt Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai produsen yang berkualitas dengan mendapatkan penghargaan op 100 Perusahaan Eksportir di Indonesia dari majalah Swa. perusahaan ini berdomisili di Tangerang dengan pabrik berlokasi Tangerang. Kantor pusat Perusahaan beralamat di Gedung Mayora, Jl. Tomang Raya No. 21-23 mayora indah Tbk. ( http://andikaputra-dika.blogspot.com/2013/06/sistem-manajemen-dan-struiktur.html )
Ø  Manage process
adalah rangkaian aktivitas perencanaan dan pengawasan kinerja dalam suatu proses bisnis. Salah satu kegiatan perencanaannya adalah pembuatan visi dan misi perusahaan. Dalam Manage Process perusahaan harus melakukan 3 hal yaitu set direction, set strategy, dan direct business. Manage Process PT. Indofood adalah sebagai berikut.
Set direction:
didefinisikan sebagai penentuan visi dan misi perusahaan untuk mencapai tujuan. Berikut merupakan visi dan misi dari PT. Mayora indah Tbk :
Visi dan Misi Perusahaan
1.       Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
2.       Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.
3.       Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
Set strategi:
merupakan upaya yang lebih spesifik dari misi yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan visi dan misinya agar mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam menentukan strategi perusahaan harus peham mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang mungkin diperoleh. Berikut merupakan strategi yang diterapkan oleh PT. Mayora indah Tbk :
·         Strategi pemasaran :
1.       melaksanakan aktifitas promosi di lapangan yang sesuai dengan masing-masing target pasar yang ditujuh yakni melalui beberpa media dan secara aktif mendirikan stand diberbagai daerah dan dibeberapa acara yang mampu menarik minat konsumen
2.        Perusahaan juga mengembangkan produk-produk yang mempunyai kualitas tinggi dengan harga yang sebanding dalam memenuhi kebutuhan konsumen serta penamaan produk yang membuat konsumen mudah mengingatnya misalnya pada varian kopi
3.        Strategi jemput bola dalam menggarap pasar kopi susu ini. Salah satu langkah yang diterapkan adalah menyediakan jasa kopi seduh di berbagai lokasi, mulai dari pusat perbelanjaan hingga menggunakan sepeda keliling.
·         Strategi distribusi :
1.       Dengan adanya proses ekspor secara langsung dan tidak langsung hal tersebut membuahkan hal yang cukup baik untuk perusahaaan .
2.       Tetap menjalankan 3P untuk memperluas dan menganmbangkan produk-produknya baik didalam negri maupun diluar negri ,karena perusahaan tetap optimis akan membuat produk nya slalu dikenal oleh masyarakat luar ataupun dalam negri .

·         Direct business:
merupakan proses perencanaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya agar tujuan perusahaan mampu dicapai. Berikut merupakan beberpa contoh Direct Business dari PT. Mayora indah Tbk :
Untuk memperluas pasar asing Kami memiliki rancangan strategis jangka panjang, dalam hal ini ekspansi lebih dari 80 negara yang kami eksis saat ini. Tetapi hal yang terpenting buat kamiadalah bagaimana kami dapat membesarkan dan membangun sustainable bisnis, dan gain strong market position di negara yang kami eksis saat ini.
Ø  Core business :
adalah proses yang berkaitan dengan produk, antara lain yaitu pengembangan produk,, cara memperoleh dan memesan produk, cara memenuhi pesanan, dan dukungan untuk produk
·         Develop product (pengembangan product)
-          Melakukan inovasi produk terbaru
-          Memenuhi kebutuhan konsumen
-          Meningkatkan kualitas produk
·         Get order ( cara memperoleh dan memesan produk )
-          Memperluas jaringan pemasaran dalam dan luar negri
-          Menyediakan stand diberbagai lokasi misalnya menyediakan kopi seduh dipusat perbelanjaan .
·         Fullfill order
-          Menjaga dan meningkatkan kualitas produk
-          Teknologi pengemasan produk menggunakan teknologi tingkat tinggi
-          Meningkatkan produktivitas karyawan
·         Support product
-          Perusahaan mengutamakan kualitas produk-produk baru untuk kebutuhan pasar
-          Menggunakan saluran distribusi kreatif menjadi sumber keunggulan bersaingnya
-          Menggunakan media dan stand untuk proses promosi dan mengurangi penggunaan iklan untuk meminimasi pengeluaran.


Ø  Support process
Support Process merupakan kegiatan yang diupayakan oleh perusahaan untuk mendukung berjalannya bisnis perusahaan.
a)      Human resources management

b)      Financial accounting
Mengerjakan fungsi cost accounting,audit,finance,system and produce ,dan accounting GL pada perusahaan .
c)       Information technology and maintence management
§  Paletisasi
Dalam paletisasi, penanganan barang-barang baik itu berupa bahan baku maupun barang jadi dipakai suatu alat yang disebut palet. Dengan alat ini barang-barang dapat dipindahkan secara cepat. Penggunaannya akan lebih ekonomis apabila material yang ditangani jumlahnya besar.
§  Pengemasan
Barang-barang yang ditangani ditempatkan dalam suatu kemasan atau peti kemas baik dari logam, kayu, ataupun bahan yang lain. Biasanya kemasan ini dibuat dalam ukuran-ukuran tertentu sehingga sangat mudah dalam pengangkutannya.
§  Sistem pengawasan persediaan
Faktor penting yang lain dalam sistem distribusi fisik adalah mengadakan pengawasan secara efektif terhadap komposisi dan besarnya persediaan. Adapun tujuan dari pengawasan persediaan adalah meminimumkan jumlah persediaan yang diperlukan, dan meminimumkan fluktuasi dalam persediaan sambil melayani pesanan dari pembeli. Besarnya persediaan sangat ditentukan oleh keseimbangan kebutuhan pasar dengan faktor biaya. Sedangkan permintaan pasar dapat diukur dengan menggunakan analisis ramalan penjualan.
§  Prosedur memproses pesanan
Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk memproses pesanan antara lain : menyelenggarakan kegiatan kantor secara teratur, membuat barang dengan baik, serta menyampaikannya kepada pembeli. Jika perusahaan tidak sanggup atau tidak mampu melaksanakan pesanan, maka ia harus memberitahu kepada pembeli.
§  Pemilihan metode pengangkutan
Dalam hal ini, rute dan rit pengangkutan merupakan faktor yang penting, dan mempunyai hubungan yang erat dengan pasar atau daerah penjualan, serta lokasi persediaannya. Selain itu fasilitas pengangkutan yang ada juga merupakan faktor penentu.


Nama : safitri rahayu n
Nim : 1011610079

Komentar

  1. TIDAK MANFAAT TIDAK TATA KELOLA IT NYA NYET!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. UDAH NYONTEK NGEGAS PULA SI SUNDALA SATU INI

      Hapus
  2. Casino Royale - Live Dealer Games - Virgin Games
    Casino poormansguidetocasinogambling Royale is a dental implants live casino-roll.com casino with a large, eclectic portfolio of casino https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ games. Players can play communitykhabar this game with live dealers,

    BalasHapus

Posting Komentar