analisis proses bisnis PT.Mayora Indah Tbk
Analisa Proses Bisnis PT. Mayora
Indah Tbk
Profil perusahaan :
PT Mayora Indah Tbk adalah
perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti usaha dibidang
makanan. Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen
di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 februari 1977, Perusahaan ini
telah tercatat di Brsa Efek Jakarta sejak tanggal 4 juli 1940.
Produksi dari PT Mayora Indah Tbk berbagai jenis kebutuhan pasar seperti
biskuit, permen, wafer, cokelat, makanan kesehatan dan juga kopi. Mayora
Group telah semakin berubah dari industri rumah biskuit rendah hati
menjadi salah satu Perusahaan terbesar Cepat Konsumen Pindah Barang dengan 13
Pabrik dan lebih dari 25.000 karyawan. PT Mayora Indah Tbk akan
berusaha memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan negara tempat
perusahaan beroperasi dan Pt Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya
sebagai produsen yang berkualitas dengan mendapatkan penghargaan op 100
Perusahaan Eksportir di Indonesia dari majalah Swa. perusahaan ini berdomisili
di Tangerang dengan pabrik berlokasi Tangerang. Kantor pusat Perusahaan
beralamat di Gedung Mayora, Jl. Tomang Raya No. 21-23 mayora indah Tbk. ( http://andikaputra-dika.blogspot.com/2013/06/sistem-manajemen-dan-struiktur.html
)
Ø Manage process
adalah rangkaian aktivitas perencanaan
dan pengawasan kinerja dalam suatu proses bisnis. Salah satu kegiatan
perencanaannya adalah pembuatan visi dan misi perusahaan. Dalam Manage Process perusahaan harus
melakukan 3 hal yaitu set direction, set
strategy, dan direct business. Manage Process PT. Indofood adalah sebagai
berikut.
Set direction:
didefinisikan sebagai penentuan
visi dan misi perusahaan untuk mencapai tujuan. Berikut merupakan visi dan misi
dari PT. Mayora indah Tbk :
Visi dan Misi Perusahaan
1.
Menjadi produsen makanan dan minuman yang
berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan
menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
2.
Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata
rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders
Perseroan.
3.
Dapat memberikan kontribusi positif terhadap
lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
Set strategi:
merupakan upaya yang lebih spesifik dari misi yang
digunakan perusahaan untuk mengembangkan visi dan misinya agar mencapai tujuan
yang diinginkan. Dalam menentukan strategi perusahaan harus peham mengenai
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang mungkin
diperoleh. Berikut merupakan strategi yang diterapkan oleh PT. Mayora indah Tbk
:
·
Strategi pemasaran :
1.
melaksanakan aktifitas promosi di lapangan yang
sesuai dengan masing-masing target pasar yang ditujuh yakni melalui beberpa
media dan secara aktif mendirikan stand diberbagai daerah dan dibeberapa acara
yang mampu menarik minat konsumen
2.
Perusahaan juga mengembangkan produk-produk
yang mempunyai kualitas tinggi dengan harga yang sebanding dalam memenuhi
kebutuhan konsumen serta penamaan produk yang membuat konsumen mudah
mengingatnya misalnya pada varian kopi
3.
Strategi
jemput bola dalam menggarap pasar kopi susu ini. Salah satu langkah yang
diterapkan adalah menyediakan jasa kopi seduh di berbagai lokasi, mulai dari
pusat perbelanjaan hingga menggunakan sepeda keliling.
·
Strategi distribusi :
1.
Dengan adanya proses ekspor secara langsung dan
tidak langsung hal tersebut membuahkan hal yang cukup baik untuk perusahaaan .
2.
Tetap menjalankan 3P untuk memperluas dan
menganmbangkan produk-produknya baik didalam negri maupun diluar negri ,karena
perusahaan tetap optimis akan membuat produk nya slalu dikenal oleh masyarakat
luar ataupun dalam negri .
·
Direct business:
merupakan
proses perencanaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang yang digunakan
perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya agar tujuan perusahaan mampu dicapai.
Berikut merupakan beberpa contoh Direct
Business dari PT. Mayora indah Tbk :
Untuk memperluas pasar asing Kami
memiliki rancangan strategis jangka panjang, dalam hal ini ekspansi
lebih dari 80 negara yang kami eksis saat ini. Tetapi hal yang terpenting
buat kamiadalah bagaimana kami dapat membesarkan dan membangun sustainable bisnis,
dan gain strong market position di negara yang kami eksis saat ini.
Ø
Core business
:
adalah proses yang berkaitan dengan
produk, antara lain yaitu pengembangan produk,, cara memperoleh dan memesan
produk, cara memenuhi pesanan, dan dukungan untuk produk
·
Develop product (pengembangan product)
-
Melakukan inovasi produk terbaru
-
Memenuhi kebutuhan konsumen
-
Meningkatkan kualitas produk
·
Get order ( cara memperoleh dan memesan
produk )
-
Memperluas jaringan pemasaran dalam dan
luar negri
-
Menyediakan stand diberbagai lokasi
misalnya menyediakan kopi seduh dipusat perbelanjaan .
·
Fullfill order
-
Menjaga
dan meningkatkan kualitas produk
-
Teknologi pengemasan produk menggunakan
teknologi tingkat tinggi
-
Meningkatkan produktivitas karyawan
·
Support product
-
Perusahaan mengutamakan kualitas produk-produk
baru untuk kebutuhan pasar
-
Menggunakan saluran distribusi kreatif
menjadi sumber keunggulan bersaingnya
-
Menggunakan media dan stand untuk proses
promosi dan mengurangi penggunaan iklan untuk meminimasi pengeluaran.
Ø Support process
Support
Process merupakan kegiatan yang diupayakan oleh perusahaan untuk mendukung
berjalannya bisnis perusahaan.
a) Human
resources management
b)
Financial accounting
Mengerjakan fungsi cost accounting,audit,finance,system and produce ,dan
accounting GL pada perusahaan .
c)
Information technology and maintence management
§
Paletisasi
Dalam paletisasi, penanganan barang-barang baik itu berupa bahan baku
maupun barang jadi dipakai suatu alat yang disebut palet. Dengan alat ini
barang-barang dapat dipindahkan secara cepat. Penggunaannya akan lebih ekonomis
apabila material yang ditangani jumlahnya besar.
§
Pengemasan
Barang-barang yang ditangani ditempatkan dalam suatu kemasan atau peti
kemas baik dari logam, kayu, ataupun bahan yang lain. Biasanya kemasan ini
dibuat dalam ukuran-ukuran tertentu sehingga sangat mudah dalam
pengangkutannya.
§
Sistem pengawasan persediaan
Faktor penting yang lain dalam sistem distribusi fisik adalah mengadakan
pengawasan secara efektif terhadap komposisi dan besarnya persediaan. Adapun
tujuan dari pengawasan persediaan adalah meminimumkan jumlah persediaan yang
diperlukan, dan meminimumkan fluktuasi dalam persediaan sambil melayani pesanan
dari pembeli. Besarnya persediaan sangat ditentukan oleh keseimbangan kebutuhan
pasar dengan faktor biaya. Sedangkan permintaan pasar dapat diukur dengan
menggunakan analisis ramalan penjualan.
§
Prosedur memproses pesanan
Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk memproses pesanan antara
lain : menyelenggarakan kegiatan kantor secara teratur, membuat barang dengan
baik, serta menyampaikannya kepada pembeli. Jika perusahaan tidak sanggup atau
tidak mampu melaksanakan pesanan, maka ia harus memberitahu kepada pembeli.
§
Pemilihan metode pengangkutan
Dalam
hal ini, rute dan rit pengangkutan merupakan faktor yang penting, dan mempunyai
hubungan yang erat dengan pasar atau daerah penjualan, serta lokasi
persediaannya. Selain itu fasilitas pengangkutan yang ada juga merupakan faktor
penentu.
Nama : safitri rahayu n
Nim : 1011610079
Nama : safitri rahayu n
Nim : 1011610079
TIDAK MANFAAT TIDAK TATA KELOLA IT NYA NYET!!!
BalasHapusUDAH NYONTEK NGEGAS PULA SI SUNDALA SATU INI
HapusCasino Royale - Live Dealer Games - Virgin Games
BalasHapusCasino poormansguidetocasinogambling Royale is a dental implants live casino-roll.com casino with a large, eclectic portfolio of casino https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ games. Players can play communitykhabar this game with live dealers,